Tutorial Surat Permohonan SKPT

Pengertian SKPT



Sebelum membahas tentang surat permohonan SKPT, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu SKPT. SKPT atau Standar Kompetensi Pegawai TNI adalah standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan dan kinerja seorang prajurit TNI. Setiap tahunnya, prajurit TNI harus mengikuti pelatihan dan diklat yang sesuai dengan standar SKPT agar dapat meningkatkan kemampuan dan kinerja mereka.


Fungsi Surat Permohonan SKPT



Surat permohonan SKPT merupakan surat yang diajukan oleh prajurit TNI kepada atasan atau pimpinan satuan untuk meminta persetujuan dalam mengikuti pelatihan atau diklat yang sesuai dengan standar SKPT. Surat ini berfungsi untuk memberi tahu atasan mengenai rencana prajurit untuk mengikuti pelatihan atau diklat tersebut serta memberikan alasan mengapa pelatihan atau diklat tersebut diperlukan untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja mereka.


Langkah-langkah Membuat Surat Permohonan SKPT



Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat surat permohonan SKPT:
1. Membuka surat dengan menyebutkan nama atasan atau pimpinan satuan yang dituju serta menyebutkan pangkat dan jabatan prajurit yang bersangkutan.
2. Menyebutkan tujuan surat, yaitu untuk memohon persetujuan dalam mengikuti pelatihan atau diklat sesuai dengan standar SKPT.
3. Menyebutkan jenis pelatihan atau diklat yang akan diikuti serta alasan mengapa pelatihan atau diklat tersebut diperlukan untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja prajurit.
4. Menyebutkan jadwal dan lokasi pelatihan atau diklat yang akan diikuti.
5. Menyebutkan biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti pelatihan atau diklat tersebut serta sumber pendanaan yang akan digunakan.
6. Menyebutkan bahwa prajurit bersangkutan akan bertanggung jawab atas segala biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti pelatihan atau diklat tersebut.
7. Menyebutkan bahwa prajurit bersangkutan akan mengikuti pelatihan atau diklat tersebut dengan sungguh-sungguh dan akan mematuhi semua peraturan yang berlaku.
8. Menyebutkan bahwa prajurit bersangkutan akan memberikan laporan hasil pelatihan atau diklat kepada atasan atau pimpinan satuan setelah selesai mengikuti pelatihan atau diklat tersebut.
9. Menyebutkan ucapan terima kasih atas perhatian dan persetujuan yang diberikan.
10. Menutup surat dengan menyebutkan nama, pangkat, dan jabatan prajurit serta menandatangani surat tersebut.


Contoh Surat Permohonan SKPT



Berikut adalah contoh surat permohonan SKPT yang dapat dijadikan referensi:
[Contoh Surat Permohonan SKPT]


Kesimpulan



Surat permohonan SKPT merupakan surat yang diajukan oleh prajurit TNI kepada atasan atau pimpinan satuan untuk meminta persetujuan dalam mengikuti pelatihan atau diklat yang sesuai dengan standar SKPT. Untuk membuat surat permohonan SKPT, prajurit harus menyebutkan tujuan surat, jenis pelatihan atau diklat yang akan diikuti, jadwal dan lokasi pelatihan atau diklat, biaya yang dibutuhkan, serta sumber pendanaan yang akan digunakan. Setelah surat permohonan SKPT disetujui, prajurit harus mengikuti pelatihan atau diklat tersebut dengan sungguh-sungguh dan akan mematuhi semua peraturan yang berlaku.

close